Pijat Keluarga Sekitar BSD - Gading Serpong - Alam Sutera Home Service

 



Apa Saja Manfaat dari Pijat ?

Melakukan pijat refleksi memberikan banyak manfaat untuk tubuh, berikut beberapa di antaranya:

1. Melancarkan peredaran darah

Studi dalam Medical Science Monitor menemukan, pemberian pijat berpengaruh pada peningkatan suhu kulit dan peningkatan aliran darah pada area sekitarnya.

Gerakan dalam pijat mampu membuka simpul pada pembuluh darah, sehingga nadi dan vena bisa bekerja lebih optimal dalam mengalirkan darah. Kegunaan lainnya, yaitu mencegah penyakit akibat peredaran darah tidak lancar.

2. Membantu mengurangi stres dan kecemasan

Selain itu, pijat refleksi juga membantu mengurangi stres dan kecemasan. Studi oleh Hindawi menyatakan, peningkatan tekanan darah, pernapasan, dan detak jantung adalah manifestasi fisiologis dari respons sistem saraf simpatis terhadap peristiwa yang membuat stres. 

Misalnya, pengalaman stres pada tempat kerja bisa meningkatkan tekanan darah dan detak jantung, yang selanjutnya dapat memicu penyakit kardiovaskular. Pijat membantu memperbaiki gejala stres dengan peningkatan aktivitas parasimpatis.

Sementara itu, dalam mengurangi kegelisahan, pijat refleksi membantu meningkatkan mood atau suasana hati secara tak langsung. Setelah refleksi, peredaran darah jadi lebih lancar, sehingga kamu akan merasa lebih rileks.

Studi dalam Oncology Nursing Forum menyebutkan, pengidap kanker payudara atau kanker paru yang menjalani perawatan pijat refleksi mengalami penurunan tingkat kecemasan ketimbang yang tidak melakukannya.

3. Membantu mengurangi gejala penyakit tertentu

Selain itu, terapi ini juga membantu meringankan gejala beberapa penyakit ringan, seperti sakit kepala, nyeri punggung, atau masalah pada pencernaan. Sementara untuk kondisi multiple sclerosis dan Parkinson, pijat akan membantu mengurangi rasa nyeri atau sakit, tapi tidak menyembuhkannya.

4. Melancarkan sistem pencernaan

Faktanya, refleksi dapat membantu meningkatkan sirkulasi dan memberikan stimulasi pada sistem pencernaan. Selain itu, terapi ini juga mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Namun, perlu kamu perhatikan bahwa sebaiknya kamu tidak minum alkohol setidaknya 24 jam sebelum melakukan pijat.

5. Membantu mengurangi nyeri

Tubuh memiliki lebih dari 7.000 saraf yang berada pada bagian telapak kaki dan terhubung melalui sistem saraf pusat. Pijat refleksi pada area tersebut dapat membantu memperbaiki keseimbangan dari fungsi dan sistem pada tubuh. Hasilnya, tubuh menjadi lebih rileks, sehingga rasa nyeri bisa berkurang.

Studi dalam Iranian Red Crescent Medical Journal menyebutkan, refleksologi adalah teknik kuno, ringan dan non-invasif, yang secara luas menjadi salah satu metode untuk menghilangkan rasa sakit. 

Selain itu, studi klinis pada 120 ibu nifas dengan kehamilan berisiko rendah membuktikan, terjadi penurunan intensitas nyeri pada kelompok yang mendapat pijat refleksi ketimbang kelompok yang mendapat perawatan rutin. 

Studi lain dalam Obstetrics & Gynecology Science menyebutkan, wanita yang mengeluhkan rasa nyeri sindrom pramenstruasi dan melakukan pijat refleksi telinga, tangan, dan kaki menunjukkan penurunan gejala secara signifikan.

6. Meredakan migrain dan sakit kepala

Refleksi juga dapat mengurangi migrain dan sakit kepala dengan meningkatkan aliran darah dan meredakan ketegangan otot. Gangguan tersebut terjadi karena stres dan faktor psikologis lain, seperti gelisah berlebihan dan cemas.

7. Baik untuk pengidap diabetes tipe 2

Dengan pijat refleksi secara teratur, pengidap diabetes tipe 2 bisa memiliki kadar gula darah yang lebih terkontrol. Namun, supaya bisa mendapatkan manfaat ini, kamu juga perlu disiplin menerapkan pola hidup sehat lainnya, seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan rutin berolahraga.

8. Membuang racun dalam tubuh

Pijat refleksi mampu meningkatkan fungsi kandung kemih dan menurunkan gangguan pada saluran kandung kemih. Hal ini bisa meningkatkan sistem toksisitas tubuh, sehingga proses detoksifikasi racun jadi lebih maksimal.

9. Mempercepat proses penyembuhan

Selama pijat refleksi berlangsung, akan terjadi peningkatan aktivitas saraf, sirkulasi darah, dan keseimbangan metabolisme. Dengan begitu, sel-sel tumbuh lebih cepat, sehingga proses penyembuhan luka jadi lebih cepat.

10. Meningkatkan fungsi sistem pernapasan

Pijatan pada titik-titik refleksi yang terkait dengan sistem pernapasan dapat membantu memperbaiki pernapasan. Khasiat lainnya, yaitu mengurangi sesak napas dan membantu meredakan gejala asma.

11. Meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas

Melalui rangsangan titik-titik refleksi, pijat dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas sendi. Aktivitas ini secara langsung dapat membantu dalam pemulihan cedera dan masalah pada otot.


Pesan dan daftarkan diri anda segera , kami akan datang ke lokasi anda:

Untuk informasi dan pemesanan tanggal

WA : 08988852831 ( H-1)



Sumber 

:https://www.halodoc.com/artikel/11-manfaat-pijat-refleksi-bagi-kesehatan-yang-jarang-diketahui

Komentar